Babinsa Kepuh Gotong royong bersama warga bersihkan sampah di Jembatan Mbah Tani

Sukoharjo (24/06/23) Sertu Sartono Babinsa KOramil 02 Nguter wilayah desa Kepuh bersama warga masyarakat, Bpk. Marimo (Kades Kepuh), Bpk. Bima ( Koodinator BBWS) dan anggota 18 orang, Perangkat desa Kepuh dan Paguyuban Rekso Lepen Ds Kepuh melaksanakan kegiatan Karya bakti dengan sasaran Kerja Bakti Penguraian Sangkrah (Sampah) di bawah jembatan Mbah Tani Sungai Jlantah Dk Kedungdowo Rt 01/05 Desa Kepuh Kec. Nguter, Kab. Sukoharjo.

Sampah berupa material keras diantaranya batang pohong kering, bambu, kayu, plastik dan lainnya yang membuat aliran sungai terhambat. Danramil 02 NGuter melalui koordinasi sebelumnya dengan instansi terkait di wilayahnya diantaranya kantor kecamatan dan kantor desa untuk tingkat Babinsa agar segera mendukung pembersihan sampah-sampah tersebut agar tidak mengganggu saluran irigasi yang ada.

Hasil Koordinasi dikerahkan para warga bersama anggota Koramil 02 Nguter gerak cepat langsung terjun ke sungai membersihkan sampah tersebut. Pasca musim penghujan, jika tidak dibersihkan dipastikan sungai penuh dengan sampah dan airnya meluap akibat musim penghujan beberapa waktu yang lalu. Ditengarai sampah merupakan material-material yang terbawa arus sungai berupa sampah-sampah kering, ranting dan dahan pohon yang menumpuk pada saat musim kemarau.

"Akibat sampah tersebut dapat mengganggu saluran irigasi yang mengairi persawahan warga, air tidak bisa mengalir dengan lancar karena terhambat oleh tumpukan sampah yang menyangkut di jembatan, sasaran utama kita bersihkan itu, tetapi kita akan tetap menyisir sepanjang aliran sungai untuk mengambil sampah yang terbawa arus", terang Sertu Sartono.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Jalin Silaturahmi Babinsa Koramil 11 Polokarto Komsos dengan Linmas pererat Sinergi.

Babinsa Ngabeyan, Kartasura Sertu Widiyanto dampingi Pelaksanaan Posyandu Remaja

Wujudkan Sinergitas Babinsa dengan Linmas Babinsa Sanggrahan laksanakan Komsos sebelum patroli.