Babinsa Ngabeyan, Kartasura Sertu Widiyanto dampingi Pelaksanaan Posyandu Remaja

Sukoharjo (18/06/23) Bertempat di rumah Bp Hardi warga Dk Mangkuyudan RT 2/3 Ds Ngabeyan Kec Kartasura Kab Sukoharjo, Sertu Widiyanto (Babinsa Ds Ngabeyan) melaksanakan pemantauan kegiatan Posyandu Remaja Mudakrida yg di hadiri kurang lebih 35 orang.

Selain Babinsa tampak hadir Aipda Dwi Apriliyanto (Bhabinkamtibmas Ds Ngabeyan), Ibu Siti Nurwahyuni (Bidan Ds Ngabeyan), Ibu Dini Ketua muda mudi Dk Mangkuyudan serta Muda mudi Dk Mangkuyudan sebanyak 30 orang.

Posyandu Remaja atau Pos Pelayanan Terpadu Remaja adalah sebuah wadah Pos Kesehatan Remaja yang memfasilitasi dalam memahami seluk beluk remaja selama masa puber yang ditujukan kepada siswa dan remaja pada umumnya.

"Posyandu remaja adalah kegiatan berbasis kesehatan yang diperuntukkan khusus untuk remaja. Menurut Bidan desa, kegiatan ini dilaksanakan khusus mengenai kesehatan fisik dan mental dengan tujuan membantu perkembangan remaja," terang Babinsa Sertu Widiyanto.

Manfaat lain dari posyandu remaja adalah membekali remaja untuk memiliki keterampilan hidup sehat, sekaligus sebagai aktualisasi diri dalam peningkatan derajat kesehatan mereka. Dengan adanya keterampilan ini, diharapkan dapat membantu para remaja membentuk pribadi yang lebih baik dan berprinsip.

Sama seperti posyandu lainnya, posyandu remaja juga melakukan kegiatan pengecekan kesehatan dan konseling. Hanya saja, posyandu remaja lebih menekankan pada edukasi kesehatan remaja, atau lebih tepatnya pemberdayaan untuk mengenali diri sendiri dan mengenali masalah dalam diri beserta solusinya. Berikut ini penjelasan mengenai kegiatannya.

Selain memperoleh pengetahuan tentang kesehatan, posyandu remaja juga dapat menjadi sarana sosialisasi antarsesama. Bertemu dengan teman sebaya, mengobrol, dan bertukar pikiran bisa saling memberikan motivasi dan sugesti positif yang baik untuk perkembangan psikologis mereka.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Jalin Silaturahmi Babinsa Koramil 11 Polokarto Komsos dengan Linmas pererat Sinergi.

Wujudkan Sinergitas Babinsa dengan Linmas Babinsa Sanggrahan laksanakan Komsos sebelum patroli.