Babinsa Koramil 08 Baki hadiri Diskusi Forum Sangar Inklusi se-Kabupaten Sukoharjo.

Sukoharjo (18/03/23) Bertempat di Gedung 3M Desa Kudu Kec.Baki Kab.Sukoharjo Sertu Joko.G ( Babinsa Desa Ngrombo ) hmenghadiri undangan Kegaiatan Forum Sagggar Inklusi Se-Kabupaten Sukoharjo.

Hadir dalam kegiatan tersebut diantaranya Bp. Andhy P. ( Dinas Sosial Kab.Skh ), Ibu Erdina Sutarto ( Ketua RBM Kec.Baki ), Ibu Sri Partini S.I Pust ( Ketua Sanggar Inklusi Kec Baki ), Ibu Emi Dwi Hastuti ( Ketua Forum Sanggar), serta para Relawan dan kader Sanggar 50 Orang.

Acara dimulai dengan Sambutan Ketua Sanggar Kec.Baki, Ketua RBM Kec Baki dan Sambutan Dinas Sosial dan dilanjutkan dengan diskusi. Sanggar inklusi merupakan sebagai tempat/sarana edukasi dan terapi serta mengembangkan kemandirian bagi anak difabel yang ada di Kabupaten Sukoharjo.

Kendala yang paling sering dihadapi oleh sanggar adalah minimnya pengetahuan orangtua anak difabel tentang pengarusutamaan difabel dan pengetahuan hak anak. Padahal, pengetahuan tentang hak anak itu penting terkait pemahaman tentang hak perlindungan kesehatan, tumbuh kembang, serta pendidikan.

Orangtua harus paham tentang hak-hak kesehatan bagi anaknya, seperti hak anak untuk mendapatkan asupan makanan yang bergizi, dan makanan apa saja yang boleh diasup atau tidak misalnya diet bebas gluten bagi anak autis.

Jika pemahaman akan pentingnya memberikan asupan gizi pada anak difabel dipenuhi, maka para orangtua bisa diharapkan memiliki standar, aturan atau role makanan apa saja yang boleh diberikan dan tidak boleh disajikan. Pengetahuan ini bisa jadi akan menjadi aturan bijak di setiap sanggar.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Jalin Silaturahmi Babinsa Koramil 11 Polokarto Komsos dengan Linmas pererat Sinergi.

Babinsa Ngabeyan, Kartasura Sertu Widiyanto dampingi Pelaksanaan Posyandu Remaja

Wujudkan Sinergitas Babinsa dengan Linmas Babinsa Sanggrahan laksanakan Komsos sebelum patroli.